Macam-Macam Disinfektan untuk Membasmi Virus

Macam-Macam Disinfektan

Pandemi yang dikarenakan adanya virus corona belum juga reda. Sebagai upaya dalam pencegahan dan pemutusan rantai penyebarannya, pemerintah terus menerus menyampaikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, menggunakan cairan disinfektan ke area yang sering dilalui seperti rumah dan tempat kerja sangatlah dianjurkan.

Virus yang saat ini menyerang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang dan mereka bertebaran di udara bebas. Maka dari itu, kita harus selalu waspada dengan pencegahan ekstra yaitu menyemprotkan disinfektan di seluruh area rumah dan tempat kerja agar terbebas dari adanya virus.

Sebelum menggunakan disinfektan, ada baiknya mengetahui beberapa macam disinfektan yang biasa digunakan untuk membunuh kuman dan virus.

Macam-Macam Disinfektan untuk Membasmi Virus

1. Isopropil Alkohol

Disinfektan ini terbuat dari hidrasi propilen tidak langsung (CH2CHCH3). Isopropil alkohol merupakan jenis disinfektan yang paling umum digunakan di perusahaan farmasi, rumah sakit, dan ruang kebersihan. Zat yang terkandung pada isopropil alkohol disinyalir lebih beracun daripada etanol, namun ia memiliki lebih sedikit efek kering pada kulit.

Isopropil alkohol bisa dijadikan disinfektan yang efektif untuk virus dalam konsentrasi 70 persen. Hal ini karena alkohol dengan kadar 70 persen merupakan kadar terbaik untuk membunuh virus dan mikroorganisme yang ada di permukaan.

2. Klorin

Klorin merupakan unsur kimia yang terbentuk secara alami dan tersebar di bebatuan bumi dan terkonsentrasi di lautan asin. Zat ini merupakan nutrisi penting bagi tumbuhan dan hewan. Klorin digunakan untuk mensterilkan air minum dan mendisinfeksi kolam renang.

Membuat disinfektan dengan klorin yaitu dengan mencampurkan empat sendok teh pemutih klorin biasa dengan satu liter air.

3. Hidrogen Peroksida

H202 merupakan zat kimia berupa cairan bening dan tidak berwarna dengan tekstur yang lebih kental dibandingkan air. Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan bahwa hidrogen peroksida merupakan desinfektan yang stabil dan efektif untuk beragam mikroorganisme, bakteri, dan virus.

4. Sabun

Menggunakan sabun dan air berfungsi untuk membersihkan serta mengurangi jumlah kuman sehingga bisa mengurangi terjadinya infeksi. Penggunaan sabun untuk membunuh kuman harus diterapkan dengan rutin dan bilas dengan air mengalir selama 20 detik.

Ada sedikit informasi bagi Anda yang berlokasi di area Bintaro dan ingin menyemprotkan disinfektan di tempat tinggal, Anda bisa menggunakan jasa semprot disinfektan bintaro bila tidak ingin kerepotan dalam menyiapkan peralatan dan keperluan lainnya.

Jasa semprot disinfektan dari Fumida ini sangat terpercaya dan dikenal karena kinerjanya yang cepat dan profesional. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk segera memesan jasanya.